Wisata Ubud

Wisata Ubud telah dikenal oleh wisatawan mancanegara selama berpuluh-puluh tahun. Desa ini terletak di Kabupaten Gianyar. Selama kurang lebih 1 jam perjalanan yang anda perlukan untuk sampai di kawasan wisata Ubud dari Bandara Ngurah Rai. Setiap wisatawan yang berkunjung akan mempunyai kesan tersendiri tentang tempat wisata di Ubud. Wisata Ubud

Sebagian besar mata pencaharian penduduk lokal Ubud, bergerak di bidang seni, sehingga Desa Ubud dipandang sebagai pusat seni dan budaya di Bali. Belum lama ini Ubud dipilih sebagai lokasi syuting film yang berjudul Eat, Pray, Love yang dimainkan oleh aktris Hollywood, Julia Robert dan judul film ini diambil dari buku karya Elizabeth Gilbert dengan judul yang sama. Penulis tersebut menjadikan Ubud sebagai tempat pencaharian cintanya. Saya juga pernah menulis tentang 5 lokasi syuting di dunia yang dapat anda gunakan sebagai refrensi pilihan obyek wisata dunia.

Bersiaplah menikmati pesona alam dan kehidupan masyarakatnya, jika Anda berminat liburan ke Ubud. Kenyamanan dan keamanan yang Anda dapatkan, tentunya akan membuat Anda ingin kembali ke desa ini. Berikut adalah 10 kegiatan wisata menarik yang bisa dilakukan di tempat wisata Ubud Bali.

10 Kegiatan Menarik Wisata Ubud Bali

1. Yoga

Salah satu kegiatan menarik wisata Ubud Bali adalah Yoga, sebaiknya dilakukan di pagi hari. Disamping dapat menikmati udara pagi yang masih segar, pikiran kita juga masih rileks. Ubud sangat terkenal dengan, aktivitas Yoga hingga ke seluruh dunia. Wisatawan mancanegara maupun domestik, datang untuk belajar yoga di Ubud. Tersedia bagi pemula maupun yang sudah professional.

Sebagian besar hotel-hotel di Ubud, memiliki fasilitas Yoga. Ada beberapa yang memberikan kelas gratis bagi tamu yang menginap, dan ada juga yang membuka kursus belajar yoga. Lokasinya biasanya hotel-hotel yang mempunyai pemandangan menghadap ke sawah dan sungai.

Yoga Barn adalah salah satu tempat yoga yang terkenal di Ubud. Letaknya di Jalan Hanoman, Ubud. Kelas yoga yang dimiliki mulai dari kelas singkat hingga insentif. Segarnya udara pagi dan indahnya panorama alam Ubud, dapat dinikmati dengan mencoba kegiatan Yoga.

Ini mungkin yang anda cari: Tips Wisata Bali.

2. Naik Sepeda / Bali Bike Tours

Selain yoga, kegiatan menarik wisata Ubud adalah naik sepeda. Sambil berolahraga di pagi hari, kegiatan bersepeda di tepi sawah sangat digemari wisatawan yang berlibur di Ubud. Dengan mengikuti paket bersepeda, seorang pemandu akan mengajak anda, berkeliling sawah dan masuk ke perkampungan penduduk setempat dan berinteraksi dengan mereka. Selain di Ubud, tempat wisata Kintamani juga menjadi salah satu pilihan untuk melakukan bike tours.

3. Belajar Memasak Makanan Khas Bali

Hampir sebagian besar hotel dan restoran di Ubud, membuka kelas memasak bagi wisatawan yang berkunjung. Terutama anak-anak sangat menyukai kegiatan ini. Mereka dapat bermain sambil belajar, mengenal makanan khas Bali. Menu khas Bali yang diajarkan misalnya Sate Lilit, Lawar dan makanan Indonesia lainnya seperti Nasi Goreng dan Gado-Gado. Kegiatan biasanya dimulai di pagi hari, dan para peserta akan diajak ke pasar tradisional, untuk membeli bahan-bahan yang diperlukan.

4. Berwisata Kuliner di Ubud.

Berbagai macam kuliner dapat anda jumpai di Ubud. Mulai dari masakan Eropa hingga Amerika. Restoran–restoran di kawasan wisata Ubud, menyajikan menu beraneka ragam dengan harga bervariasi. Makanan khas Bali misalnya, Warung Babi Guling Bu Oka disebelah Puri Ubud, Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, dan Restoran Bebek Bengil Ubud dengan menu andalan bebek gorengnya. Semuanya dapat anda coba untuk kegiatan menarik wisata ubud Bali.

Silakan di Baca Tentang: Tempat Makan Favorit Di Bali.

5. Mengunjungi Museum

Hampir semua museum di Ubud berkaitam dengan seni dan lukisan. Ada 6 museum yang dapat anda kunjungi di Ubud. Museum yang pertama kali berdiri adalah museum Puri Lukisan. Museum ini menampilkan kondisi Bali dalam tiga era. Mulai dari jaman kerajaan Bali hingga masa kemerdekaan Indonesia. Museum lainnya diantaranya adalah Neka Museum, Rudana Museum, Agung Rai Museum, Antonio Blanco Museum, dan Museum Marketing yang diresmikan tahun 2011 kemarin.

6. Menonton Tari Kecak.

Cak, cak, cak, itulah suara khas dari para penari kecak. Tarian ini biasanya dipentaskan oleh laki laki sebanyak 50 hingga 100 orang. Berkunjung ke Ubud belum lengkap rasanya jika tidak menonton tari kecak. Apalagi Ubud terkenal dengan pusat kesenian di Bali. Pertunjukan tari ini dimulai sekitar pukul 7 malam. Salah satu tempatnya adalah di Pura Dalem di jalan raya Ubud. Namun ada juga tempat lain yang mementaskan tarian ini. Yaitu di tempat wisata Uluwatu Bali.

Untuk dapat menonton tari Kecak di Uluwatu, sebaiknya memesan terlebih dahulu. Tari Kecak Uluwatu sangat terkenal dan mendapat tingkat kunjungan yang sangat tinggi. Jika anda tidak memesan, kemungkinan untuk mendapatkan tiket menonton tari kecak sangat kecil. Anda dapat memesan tiket murah tari kecak Uluwatu disini.

7. Belanja di pasar Ubud.

Mau belanja oleh oleh khas Bali? Di pasar Ubud pusatnya. Beraneka ragam kerajinan Bali dijual disini. Seperti anyam-anyaman, patung, kain pantai, pernak pernik, sandal dan jenis kerajinan lainnya. Harganya pun sangat terjangkau. Jangan lupa menawar, sebelum memutuskan untuk membeli.

Para pedagangnya sebagian besar orang Bali. Mereka sangat ramah melayani pembeli yang datang. Pedagang-pedagang tersebut dapat berkomunikasi berbagai bahasa. Mereka sudah terbiasa berkomunikasi dengan turis dari mancanegara. Aneka jajanan pasar juga dijual di pagi hari. Pasar akan ramai dikunjungi wisatawan menjelang siang. Areal parkir akan penuh dengan berbagai jenis kendaraan.

8. Rafting di Sungai Ayung

Sungai Ayung merupakan tempat ayung jeram yang paling terkenal di Bali. Sangat cocok bagi pemula yang menyukai Bali watersport, karena kategori sungai ini masuk kelas II dan III untuk rafting di Bali. Keunikan dari Ayung rafting adalah pemandangan di kanan kiri sungai. Pepohonan yang rindang, hamparan sawah-sawah penduduk, serta daerah perbukitan yang asri. Di tengah perjalanan Anda akan melihat karya seniman Bali, berupa ukiran relief Ramayana di tebing batu di pinggir sungai. Hal ini menandakan bahwa seniman Bali sangat kreatif. Menurut kami ini adalah hal yang paling menarik untuk wisata ubud Bali.

9. Melihat Monyet di Monkey Forest.

Di hutan ini monyet monyet bebas berkeliaran. Mulai dari bayi hingga yang sudah tua. Anda dapat berfoto-foto dengan binatang yang satu ini. Tapi hati-hati dengan barang bawaan. Terkadang mereka usil mengambil barang barang turis dan membawanya ke atas pohon. Memasuki kawasan ini, kita akan disambut dengan patung monyet berukuran besar. Didalam hutan seluas 27 hektar terdapat banyak pohon yang rindang. Udaranya sangat sejuk dengan pemandangan yang asri.

10. Teras Sawah Tegallalang

Jika anda wisata Ubud, sempatkanlah untuk berwisata ke desa Tegallalang, karena desa ini menawarkan pemandangan persawahan dengan bentuk terasering.

Mudah-mudahan artikel tentang wisata Ubud ini bermanfaat bagi anda yang berencana untuk berlibur ke Ubud Bali. Jika anda memiliki saran dan komentar, silakan gunakan form dibawah, karena saran dan komentar anda sangat kami harapkan agar artikel tentang wisata Ubud ini lebih lengkap dan bermanfaat bagi para pembaca lainnya.

Comments

  1. eezhal says

    Turis yang datang ke ubud juga ada yang seniman? Kalau iya, berarti seni di bali mempunyai nilai yang tinggi dimata internasional.

Bagaimana Menurut Anda?